Merawat Blog

Ternyata blog itu mirip-mirip dengan rumah: perlu dirawat. Eh, bukan perlu. Tapi bisa. Artinya, bisa dirawat, bisa juga tidak dirawat. Bagi mereka yang blognya dihidupkan oleh layanan hosting gratis, semacam blogspot atau wordpress, ternyata URL blog tersebut tetap saja hidup meskipun tidak pernah lagi disambangi. Jadi, tidak dirawat pun tidak masalah, bukan? Tapi yang akan kita bahas kali ini adalah apa saja bentuk-bentuk merawat blog.

Ada mereka yang beranggapan bahwa merawat blog ya dengan menulis di blog tersebut. Kalau bisa tulisan yang orisinil lebih baik, kalau tidak, copas pun jadi. Hihi… Jadi, golongan ini memfatwakan bahwa menulis blog itu hukumnya wajib ‘ain. Tahu kan, apa itu wajib ‘ain? Maksudnya kewajiban yang tidak akan gugur meskipun orang lain telah menunaikannya. Kudu kita yang melakukannya.

Ada juga mereka yang merawat blog dengan melihat sisi tampilannya. Masalah isi, copas aja deh. Kalau perlu, ‘lorem ipsum‘ pun jadi. Nah, setiap berganti hari, pandangan mereka tentang blog yang dikelola kadang bisa berganti pula. Entah masalah warna yang kurang sreg, atau masalah lebar kolom yang terlalu lebar. Atau mungkin juga ada gambar yang menurut mereka perlu diganti dengan yang lebih imut. Atau.. atau.. atau… yang lain. Pokoknya, tampilan blog harus selalu mendapat ‘sentuhan penyempurnaan’.

Selain dua kelompok di atas, masih ada satu kelompok lagi yang menerjemahkan merawat blog itu dengan menambahkan fitur. Ada ekstensi baru… install.. Ada blog tetangga yang bisa memunculkan gambar ini itu anu… penasaran… Begitulah, mungkin ini cocoknya bagi mereka yang suka menambahkan fungsionalitas bagi blognya. Atau jangan-jangan para ‘blogger wannabe‘ yang ingin mencari proyek pembuatan blog komersil.. Hehe, bercanda…

Nah, kalau begitu, Anda masuk kelompok yang mana?

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s