Tiada API, Curl pun Jadi

Hari gini, membangun basis data pada domain tertentu sepertinya sudah tidak patut lagi. Sebagai contoh, kita ingin mendapatkan data direktori sekolah di Indonesia. Menurut hemat saya, kurang elok jika kita membangun database sendiri untuk direktori tersebut. Padahal kita bukan bagian dari institusi yang mengurusi domain tersebut. Ya, kita berharap saja mereka, para pengurus kepentingan, bisa menyediakan layanan web (baca: web service) dalam bentuk Application Programming Interface (API). Buat siapa? Ya buat siapa saja yang ingin mengembangkan aplikasi. Tapi masalahnya, API-nya itu tidak tersedia. Jadi?

Jadi ya kita harus kreatif. Bagi penikmat PHP (duh kayak kopi saja ya…), ada fungsi CURL yang bisa dimanfaatkan untuk crawling website. Nah, di sinilah kita harus memanfaatkan fungsi ini untuk membuat API-API-an yang berfungsi seolah-olah seperti API.

Yang kita perlukan hanya satu: website yang bisa menampilkan beberapa field dari isi sebuah database. Begitu kita ketemu URL websitenya, curl pun bertindak.

Sebagai contoh, ketika saya mencari API untuk data direktori pendidikan tinggi di Indonesia, saya menemukan website yang bagus dari DIKTI. Alamatnya di sini:  http://forlap.dikti.go.id/mahasiswa. Yang di bawah ini adalah penampakannya.

pencarian data mahasiswaNah, dari halaman web ini bisa kita lihat kode sumbernya. Selanjutnya… tada!!! Kita bisa mendapatkan direktori perguruan tinggi berikut program studinya. Lumayan lah untuk bekal pengembangan aplikasi kita. Eits, daripada lumanyun?

Pos ini dipublikasikan di Developer dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s