Hari Gini Kursus Pemrograman?

Judul di atas mungkin terdengar bernada provokasi. Sama sekali tidak. Kenyataannya banyak orang yang masih membutuhkan kursus bahasa pemrograman. Mungkin ada yang ingin mengasah keterampilan pemrogramannya, ada juga yang mungkin ingin menguasai bahasa program yang baru. Atau, bisa juga ada mereka yang kursus pemrograman karena ingin terjun ke dunia IT. Pokoknya, masih banyak yang membutuhkan kursus pemrograman. Lalu, konteks judul tulisan ini?

Begini ya.. Di sini saya hanya ingin menyajikan alternatif bagi Anda-Anda yang tidak mampu, entah dari sisi finansial ataupun waktu luang, untuk mengikuti kursus pemrograman. Kuncinya satu, Anda mau otodidak, belajar sendiri. Juga harus aktif ke sana kemari googling setiap permasalahan yang Anda temui dalam proses belajar.

Jadi, alih-alih mengambil kursus, saya sarankan Anda untuk mengambil pelajaran memprogram melalui website-website berikut:

Selain website-website di atas, masih buanyak website lain yang menyediakan fasilitas belajar bahasa program secara gratis. Sayangnya, website-website bagus yang saya sebut di atas belum menggunakan bahasa ibu kita: bahasa Indonesia. Tapi, jangan berkecil hati. Tidak sedikit kok ulasan-ulasan dan tutorial bahasa pemrograman yang disajikan dengan bahasa kita. Cek aja di mesin pencari internet….

Jadi, di akhir tulisan ini saya ingin menggenapi judul yang terdengar provokatif di atas. Hari gini kursus pemrograman? Baguslah….

Hihi…

Pos ini dipublikasikan di Catatan, Developer dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s