Mengatasi Masalah ‘Ads Speed Dial’

Saya mungkin termasuk kelompok orang yang berhati-hati dalam menginstal sesuatu. Ya, setiap kali menginstal program, saya perhatikan apabila ada pilihan checklist, biasanya meminta persetujuan akan sesuatu hal. Begitu pula dalam hal menginstal ekstensi pada browser. Biasanya, saya akan membaca review-nya terlebih dahulu baru kemudian mencoba menambahkan ekstensi tersebut.

Nah, baru saja saya mengalami hal yang membuat bingung. Browser andalan saya, si Chrome, tiba-tiba terindikasi mengidap sedikit gangguan. Gangguan itu bernama ‘ads speed dial’. Bentuknya adalah sebuah area pada halaman web yang sedang kita kunjungi, berisi iklan tentang sesuatu. Jadi, pengunjung web merasa bahwa iklan itu memang bagian dari halaman web tersebut. Parahnya, iklan itu juga muncul ketika saya membuka localhost. Bayangkan coba, rasanya lemot sekali untuk mengakses localhost…..!

ads by speed dial

Inilah yang namanya adware, dimana ada semacam program yang menampilkan iklan tanpa kita kehendaki. Adware ini sebelas dua belas (baca: masih keluarga besar) dengan malware, karena sama-sama mengganggu kinerja komputer kita. Adware pada browser bekerja dengan memanggil request ke server mereka, kemudian meng-inject atau menyuntikkan beberapa baris kode HTML dan Javascript pada sebuah halaman web. Walhasil, selain loading halaman menjadi lambat, kuota data Internet kita juga berkurang.

Saya pikir-pikir lagi, sepertinya saya tidak pernah menginstal sesuatu baru-baru ini. Demikian juga dengan ekstensi browser, seingat saya tidak ada yang saya tambahkan beberapa hari yang lalu.

Setelah ngubek-ngubek Internet, ternyata penyebab adware bernama ‘ads speed dial’ ini adalah sebuah ekstensi bernama ‘Video Download Helper’. Ah, sudahlah remove saja. Tetapi sebelum itu saya mencoba mendisable-nya terlebih dahulu. Dan ternyata benar! Ada beberapa kemungkinan mengapa baru sekarang ekstensi itu memunculkan iklan. Kemungkinan pertama untuk mengelabui pengguna bahwa bukan dia yang memunculkan adware. Jadi, dia menunggu beberapa bulan setelah instalasi, baru kemudian mengaktifkan adware-nya. Kemungkinan lain, dia mengupdate diri dengan versi yang tiba-tiba mengandung adware. Make sense, bukan?

vdh

Baiklah, misi kita kali ini adalah me-remove ekstensi ‘video download helper.’ Bye…

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

