Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Speaking?

Karena saya pikir akan banyak mengundang manfaat, saya menuliskan topik ini di sini Cisini. Ini bukanlah tulisan dari saya, tetapi dari sebuah kursus online yang sedang saya ikuti. Nama kursusnya adalah ‘Understanding IELTS’ oleh futurelearn.com.

Berikut ini saya terjemahkan penjelasan dari si instruktur menggunakan bahasa saya sendiri. Mohon maaf kalau ada keseleo lidah dalam penerjemahan ini.

Satu hal yang sering ditanyakan oleh para siswa adalah, “Bagaimana caranya meningkatkan kemampuan bicara (speaking) saya?” Jika kita tinggal di lingkungan yang tidak menggunakan bahasa Inggris, sepertinya ini adalah masalah besar. Tetapi bukan berarti bahwa kita tidak punya peluang untuk mengasah kemampuan speaking ini.

Nasihat pertamanya adalah ‘dengarkan’. Perlu beberapa upaya untuk bisa mendengarkan orang bicara dengan bahasa Inggris. Untungnya, Internet memudahkan segalanya. Begitu banyak lagu, podcast, cerita, klip video yang berbahasa Inggris yang bisa Anda dapatkan secara gratis di Internet.

Dan jika kita mendengarkan lagu, yang bahasa Inggris ya, ikutlah bernyanyi. Katanya sih cara ini bisa banyak membantu. Atau jika kita menonton klip video, sesekali tekan tombol pause dan coba ulangi apa yang barusan kita dengar.

Sesekali kita juga perlu untuk mendengarkan dengan tujuan mempelajari bagaimana para penutur Inggris itu bicara. Secara tidak langsung, hal ini bisa membantu bagaimana kita bicara.

Satu hal yang kebanyakan siswa merasa kesulitan adalah karena mereka khawatir membuat kesalahan, salah tata bahasa, salah kata, dan lain-lain. Ternyata, kekhawatiran ini justru menghambat mereka untuk berbicara secara lancar. Ingat, meskipun berbicara harus memperhatikan akurasi, yakni menggunakan bahasa dengan benar, tetapi juga harus memperhatikan kelancarannya (fluent). Jadi, tentu saja kita harus mencoba untuk menggunakan bahasa Inggris dengan benar tanpa harus mengorbankan kelancarannya.

Sebuah tip yang bisa dicoba adalah merekam diri kita berbicara bahasa Inggris. Kita bisa meniru apa yang kita dengar dari seorang native speaker, atau dengan merekam bicara kita tentang diri kita atau apapun yang kita mau. Cobalah bicara tentang sebuah topik sekitar satu menit. Kemudian, dengarkan lagi rekaman kita.

Ada lagi yang bertanya, “bagaimana agar bicara saya bisa seperti penutur aseli (native speaker)?” Jawaban saya, mengapa Anda ingin seperti itu? Ketika kita bicara, hal yang penting adalah bahwa lawan bicara kita dapat memahami apa yang kita sampaikan sehingga kalian bisa berkomunikasi. Jika aksen kita ternyata membuah komunikasi itu susah, mau tidak mau kita harus memperbaikinya. Berlatihlah suara-suara apa yang bermasalah pada diri kita. Kita bisa melatih intonasi dengan mendengarkan penutur asli sehingga terbiasa dengan penekanan-penekanan suara dalam bahasa Inggris. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki cara bicara dengan bahasa Inggris. Tetapi, sekali lagi, kita tidak harus seperti penutur asli. Selama orang bisa memahami pembicaraan kita dengan baik, saya pikir tidak ada masalah.
Selanjutnya, berikut ini adalah beberapa resource bagus di Internet:

Pengucapan (pronunciation)

The Phonemic Chart – dengarkan suara dalam bahasa Inggris dengan mengklik pada simbol, lalu dengarkan contoh kata-kata termasuk suara dan cobalah praktikkan..

Pronunciation activities –  untuk melatih masalah suara.

The Sounds of English –  dari BBC.

Sentence stress – berbagai aktivitas untuk membantu Anda memahami dan melatih bagaimana penekanan kalimat dapat mempengaruhi maksudnya.

Rekam suara Anda

Vocaroo –  merupakan salah satu cara paling mudah untuk merekam suara Anda secara online dan Anda pun bisa menshare-nya kepada orang lain.

Coba ujian

Exam speaking videos – dari LearnEnglish Teens memberikan tips-tips yang bermanfaat, kosakata, dan latihan dengan berbagai tugas yang diberikan.

IELTS Interview Skills –  berisi beberapa video yang bisa kita amati tentang beberapa masalah umum yang dihadapi orang ketika wawancara.

IELTS Practice Speaking Test

Sumber:

Pos ini dipublikasikan di Bahasa dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s