Belajar Gamedev

Gamedev, yang merupakan singkatan dari Game Development atau Game Developer jika yang dimaksud orangnya, sepertinya akan sedikit saya ulik dalam beberapa minggu ke depan. Masalahnya sederhana, kedua anak saya ribut ingin main game di laptop tetapi game-nya tersebut harus terkoneksi ke Internet. Tahu sendiri kan, kalau game yang tersambung ke internet itu iklannya lebih banyak mengganggu fokusnya dalam bermain? Mending kalau iklannya sopan. Yang ini iklannya sangat tidak sesuai konteks dengan jiwa anak-anak.

Nah, akhirnya saya mencoba browsing untuk membuat game sederhana dengan HTML5. Ternyata framework untuk membuat game sudah tersedia banyak. Gratis pula, dengan lisensi MIT. Di antaranya ada Pixi.js, Phaser, dan Quintus. Berbagai pilihan yang lain juga bisa kita temukan di website https://html5gameengine.com.

Sebenarnya banyak tutorial gamedev bertebaran di Internet. Sayangnya, tutorial-tutorial tersebut kadang tidak sesuai harapan kita. Entah karena sayanya yang o’on atau karena memang tutorialnya kurang lengkap, terutama dalam hal trouble shooting-nya. Beruntung, ada yang menyediakan kursus online gratis tentang gamedev dengan HTML5 ini, menggunakan salah satu framework yang gratis, yakni HTML5 Quintus. Terima kasih kepada Zenva Academy yang telah menyediakannya untuk kita semua. Link belajarnya ada di alamat ini https://academy.zenva.com/course/intro-to-html5-game-development. Silakan jika ada juga yang berminat.

Oiya, ngomong-ngomong tentang gamedev, ada infografis bagus yang dengan sederhana menjelaskan proses dan siapa saja yang terlibat di dalamnya. Saya mendapatkannya dari web segitiga.net.

Pengembang-Video-Game

Semoga bermanfaat!

Pos ini dipublikasikan di Developer. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s