Musik Menjauhkan Tuhan

Anda penggemar musik? Jika ya, maka waspadalah. Karena ternyata musik itu dapat menjauhkan diri Anda dari Tuhan. Anda memiliki Tuhan kan? Sungguh naif kalau sampai Anda mengingkari Dia yang telah menjadikan Anda ada ke dunia ini. Tidak menghormat kepada orang yang lebih tua yang sama sekali belum Anda kenal saja bisa membawa kualat, apalagi dengan Tuhan…?

Maaf, jika paragraf di atas bernada provokatif. Itu hanyalah apa yang saya rasakan ketika saya bersentuhan dengan musik (baca: menikmati musik). Dan Anda tidak perlu setua saya untuk bisa mengerti mengapa musik memiliki karakter seperti itu.

Ilmiah kah? Kita tidak harus ilmiah untuk mengemukakan sesuatu. Sama halnya dengan orang-orang terdahulu, ketika belum ada penemuan-penemuan ilmiah. Saat itu mereka menggunakan ilmu titen yang didapatnya melalui pengamatan. Titen maksudnya adalah dititeni atau diamati. Ya, mereka mengamati perubahan apa yang terjadi setelah sebuah peristiwa terjadi. Itulah ilmu titen. Eh, jadi ilmiah juga ya karena mereka melakukan pengamatan empiris.

Nah, begitu pula dengan judul postingan kali ini. Jika Anda tidak percaya, bolehlah Anda coba pada diri sendiri. Nikmati musik, lalu perhatikan apa yang terjadi. Jika ternyata tidak membuat Anda menjauh dari Tuhan, bersyukurlah.. Tetapi, tetaplah waspada. Setan bisa menyerang Anda dan saya kapan saja, melalui media apa saja.

Oiya satu lagi, apa tandanya kalau kita mulai menjauh dari Tuhan? Hmmm… apa ya? Apakah mungkin merasa tidak khawatir jika terjauhkan dari Tuhan sudah merupakan salah satu tandanya? Atau yang mudahnya, jika Anda sudah tidak bisa mengingat penggalan ayat pertama dan terakhir surat al Ikhlas, bisa jadi Anda sudah jauh dari Tuhan. Jauuuuh, sekali. Wallohu a’lam.

NB. Sepertinya baru kali ini saya menutup postingan dengan frase wallohu a’lam. Wallohu a’lam.

 

Pos ini dipublikasikan di Catatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s