Ujicoba Webservis dengan REST Easy

Sejauh ini saya baru mencoba POSTMAN untuk memeriksa apakah web service (web servis) yang saya kembangkan berjalan sesuai harapan. Belakangan, lantaran mencoba menggunakan laptop yang berbeda, saya mencoba mencari tools (perkakas), ekstensi, atau add-on lainnya. Ya, sekadar membuka wawasan agar tidak terpaku pada satu perangkat saja dalam melakukan pekerjaan. Nah, sedikit googling, ternyata saya bertemu dengan sebuah add-on untuk peramban Firefox yang bernama ‘REST Easy’. Ternyata memang ‘easy‘ alias mudah…

Bagi saya, hanya membutuhkan lima langkah untuk mencoba dan merasakan manfaatnya. Dan yang paling menyenangkan, di bagian data yang kita kirim ke server, kita bisa mengisikan data seperti kita mengisi form pada umumnya.

Berikut adalah screenshot dari hasil sederhana pengujian saya….

rest-easy

Untuk Anda yang belum pernah mencoba bermain API (Application Programming Interface atau yang biasanya kita dapati dalam bentuk web servis), tidak ada salahnya untuk mencoba ekstensi yang satu ini….

Ketertarikan berlanjut? hubungi alamat di bawah ini:

Anyway, semoga bermanfaat!

Pos ini dipublikasikan di Developer dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

