Ber-Islam dengan Teknologi

Teknologi adalah pisah bermata dua. Tidak ada yang bisa memungkirinya. Bagi orang-orang yang kurang mengenal agama, yang lebih mengedepankan hawa nafsunya, bisa jadi teknologi itu semakin menghancurkan nilai keagamaan yang masih ada. Sebaliknya, bagi orang-orang yang mengarusutamakan agama dalam hidupnya, insyaAllah, teknologi menjadi senjata andalannya untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

Pun dalam hal ini, berbagai bentuk software untuk memudahkan kita belajar agama begitu banyak. Saya berharap agar bisa mendapat manfaat dari berbagai aplikasi tersebut. Setidaknya melalui PC, saya mencoba menginstal lagi aplikasi al-Quran yang berjudul ‘Ayat’. Silakan tengok dan download di laman ini: http://quran.ksu.edu.sa/ayat/?l=en.

Di satu sisi, saya juga ingin membaca-baca secara offline artikel-artikel islami serta hadits-hadits yang sudah dialihbahasakan ke bahasa ibu saya: Indonesia. Jadilah saya mencoba mengurai ingatan saya, dahulu pernah menginstal aplikasi bernama ‘SalafiDB’. Bagaimana kabarnya sekarang ya?

Aplikasi ini bermarkas di laman ini: http://salafidb.googlepages.com. Ketika laman tersebut diakses, kita akan diarahkan ke URL berikut: https://sites.google.com/site/salafidb. Nah, di sana disebutkan bahwa untuk men-downloadnya bisa membuka halaman download di https://sites.google.com/site/salafidb/download.

Ternyata aplikasi SalafiDB ini masih ada versi 4.0, yang terakhir dikembangkan tahun 2008. Sayang, website assunah.info yang menjadi tempat hosting-nya sudah kadaluarsa. Terpaksa, hosting-nya cukup di Google Drive (https://drive.google.com/file/d/0B9ozxEFmUoteakRtcGtNLUFTY1E/view). Terima kasih Google…

Dan, alhamdulillah, semuanya bisa jalan…

Bismillah, marilah kita lebih ber-Islam dengan teknologi. Gunakan mata pisau yang akan menjadikan kita muslim yang seutuhnya… Aamiin…

 

Pos ini dipublikasikan di Agama, Catatan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s