Berbagai Tools Mengembangkan Aplikasi Web PHP

Bagi Anda yang sudah terbiasa mengembangkan aplikasi web, barangkali ulasan kali ini tidaklah terlalu menarik untuk disimak. Namun, jika Anda ingin menularkan keterampilan Anda, mungkin saja postingan berikut bisa bermanfaat. Setidaknya, Anda akan mudah memberi referensi tools apa saja yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis web. Oiya, untuk aplikasi berbasis web di sini, saya masih khususkan yang bahasanya adalah PHP.

Menginstal satu per satu software pemrograman pada kenyataannya adalah sebuah langkah yang agak ribet. Selain memakan waktu juga tidak ada jaminan bahwa instalasi semua software tadi berhasil. Nah, syukurnya, saat ini banyak sekali pengembang yang berbaik hati menyiapkan stack aka tumpukan software yang diperlukan dalam satu kemasan (baca: bundel). Selanjutnya, saya akan menyajikan beberapa pilihan stack yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan aplikasi berbasis web dengan PHP.

XAMPP

xampp.pngBagi saya, stack yang satu ini cukup legendaris. Saya sudah menggunakannya ketika masih tahap merangkak di dunia pengembangan web.

Stacknya terdiri atas: Apache, MariaDB, PHP, dan Perl. Selain itu, fitur yang disediakan adalah PHPMyAdmin

Hingga saat ini sudah tersedia untuk berbagai sistem operasi, mulai dari Windows, Linux, hingga OSX.

WampServer

WampServer ini ya mirip-mirip dengan XAMPP. Stacknya tidak berbeda dengan XAMPP, bahkan variasinya lebih sedikit. Ada Apache, MySQL, PHP, dan PHPMyAdmin.

WTSERVER

wtserver.png

Stack yang ini cocok jika Anda menginginkan portabilitas dengan webserver bawaannya adalah nginx. Stack-nya adalah: nginx, MariaDB, Redis, serta PHP. Fasilitas lain yang disediakan adalah WinSCP, Composer, Adminer, dan lain-lain.

WPИ-XM

wpn.pngKalau yang ini, juga menggunakan webserver nginx. Selain itu, database yang diusung juga MariaDB. Dan, tentu saja mesin utama PHP. Tidak jauh berbeda dengan stack yang lain, ada fasilitas-fasilitas lain yang disediakan, seperti PHPMyAdmin, adminer, composer, dan masih banyak yang lain.

WPN-XM ini menyediakan paket full, standard, dan lite. Untuk yang PHP versi 7, paket yang tersedia untuk saat ini masih versi lite, mengingat dukungan paket-paket lain belum sebanyak untuk PHP versi di bawahnya.

LEMP

Stack LEMP ini, sesuai huruf depannya, dikhususkan untuk Anda yang menggunakan sistem operasi Linux. Stacknya terdiri atas Nginx, MariaDB, PHP.

Baiklah, untuk sementara itu dulu ya. Jika ada yang

 

 

Pos ini dipublikasikan di Developer dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s