Jumat Tobat

Jumat ini kantor kami menyelenggarakan kegiatan bersama dengan nama jumat tobat. Ya, seperti jumat-jumat sebelumnya, kami bersama teman-teman sekantor mengadakan satu kegiatan dengan tema khusus. Jumat yang lalu temanya bersih-besih. Nah, kali ini, tanggal 18 November 2016, temanya adalah religi. Jadilah namanya Jumat Tobat. Hehe..

Teman saya, yang diamanahi untuk mendatangkan pembicara, mengundang ustadz dari kecamatan Cepu. Ustadz Ari Al Ghifari nama beliau. Ada beberapa hal yang mungkin saja juga bisa bermanfaat jika saya bagi di sini. Sesuai tema jumat ini, Pak Ustadz mengangkat satu pokok bahasan yang berkaitan dengan taubat.

Jadi, kurang lebih begini intisarinya. Bahwa orang yang masuk surga itu adalah mereka yang hatinya selamat alias qolbun salim. Ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar hati kita menjadi selamat.

Pertama, menjaga hati. Menjaga hati yang dimaksud di sini adalah dengan cara memurnikan tauhid kepada Allah SWT. Artinya, kita harus menjaga hati kita dari hal-hal yang menjurus pada kesyirikan.

Kedua, memelihara hati. Hati, seperti digambarkan oleh Rasulullah, selalu terkotori dengan titik hitam setiap kali kita melakukan dosa. Nah, dalam hitungan hari dan hitungan bulan, dosa-dosa tersebut akan menumpuk dan lama kelamaan menjadi hitamlah hati kita. Beruntung, kita bisa membersihkannya dengan cara memelihara hati. Caranya dengan tunduk dan patuh pada perintah Allah serta berupaya untuk tidak berbuat maksiat kepada-Nya.

Ketiga, membersihkan hati. Satu-satunya cara untuk membersihkan hati adalah dengan taubat. Taubat yang dimaksud adalah taubat yang sebenarnya, yakni taubat nasuha.  Beberapa syarat untuk melakukan taubat ini adalah memutus kemaksiatan, menyesali dosanya, bersungguh-sungguh beribadah, menyelesaikan urusan muamalah dengan manusia, serta memastikan bahwa waktunya masih dibolehkan (belum sakaratul maut).

Demikian, semoga dapat mencerahkan kita semua.

Pos ini dipublikasikan di Agama, Catatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s