Profesionalisme Pendidikan TK

Hari ini saya telat ngantor. Tidak seperti biasa, padahal sejak pindah tugas ke kampung halaman, saya hampir tidak pernah terlambat. Ya, kalaupun pernah itu karena hal-hal yang di luar dugaan. Termasuk kali ini, dan itu ada hubungannya dengan judul postingan yang saya tulis kali ini.

Mengapa saya telat? Pertama, karena waktu yang saya alokasikan untuk ke kantor memang mepet alias pas sesuai perhitungan normal. Kedua, waktu saya mengantar anak saya yang kecil ke sekolah TK-nya, ternyata di pagar TK tersebut tertulis permohonan maaf karena anak-anak harus belajar di rumah. Pasalnya, para guru hari ini taksiah ke Bojonegoro. Entah siapa yang meninggal, semoga Allah mengampuni dosa dan menerima semua amal-amal semasa hidupnya. Aamiiin…

Jadinya, ya saya harus mengantar kembali anak saya pulang ke rumah. Waste my time… Coba kalau ada pemberitahuan sebelumnya.. Tapi, yang namanya taksiah itu kan karena faktor kematian. Sementara kematian itu adalah misteri Ilahi yang selamanya akan terus menjadi misteri. Kesimpulannya, agenda taksiah itu mendadak, tanpa ada yang bisa memperkirakannya.

Lalu, apa hubungannya dengan profesionalisme? Ya, menurut saya, pendidikan adalah salah satu bentuk layanan publik yang harus tetap ada kecuali ada agenda-agenda yang tidak bisa dihindarkan.

Pada kasus hari ini, menurut hemat saya, agenda taksiah bisa ditunda barang satu atau dua jam. Jadi, karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya, para murid tetap belajar seperti sedia kala kemudian mereka dipulangkan lebih awal daripada biasanya. Mudah, kan?

Atau alternatif lainnya, yang pergi taksiah bisa perwakilan. Tidak perlu semuanya. Atau, kalau mau semuanya, ya sudah taksiahnya menyusul.

Hehe… Bagaimanapun, ini sekadar pendapat saya pribadi. Saya tetap berprasangka baik bahwa ada hal-hal lain yang tidak saya ketahui yang membuat hari ini harus berjalan seperti ini.

Apapun yang terjadi, terima kasih tak terhingga kepada guru-guru anakku. Terima kasih, Bloraku. I do love you so much!

Pos ini dipublikasikan di Catatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

