Melek Data Itu Lebih dari Penting

Saya terperangah membaca satu kalimat yang berisi pernyataan statistik. Mengapa terperangah? Karena angka yang disebutkan di sana tidak masuk akal menurut apa yang saya ketahui. Ya, disebutkan di kalimat tersebut, “Lebih dari 250 juta penduduk Indonesia, tidak dapat mengakses fasilitas kesehatan bahkan fasilitas termurah yang ada.” GLEK!

geevv

Silakan resapi maknanya. Jika dikatakan lebih dari 250 juta penduduk Indonesia tidak dapat mengakses fasilitas kesehatan, berarti itu hampir semua penduduk Indonesia! Mari kita konfirmasi data jumlah penduduk di Indonesia.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), saya sajikan screenshot berikut ini, data perkiraan jumlah penduduk di penghujung tahun 2014:

bps

Kemudian, mari kita cari pembanding lainnya. Dari website http://www.worldometers.info/world-population/ dengan hasil seperti ini:

largest people.png

Nah, sementara proyeksi BPS, jumlah penduduk di akhir tahun 2015 itu angkanya adalah 255.461.70 ribu jiwa alias 255, 46 juta jiwa. Lihat https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1274.

Jadi, kira-kira perlu melek statistik tidak? Hehe..

Tahu, tidak, dimana saya mengambil screenshot pernyataan mencengangkan di atas? Di sebuah website rintisan yang menurut saya sangat bagus konsepnya: alternatif mesin pencari di tanah air. Website apakah itu? Adalah GEEVV, search engine buatan anak Indonesia yang berbasis sosial yang bertujuan untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat dunia. Pengelola Geevv berkomitmen untuk mendonasikan 80% pendapatan illan untuk program sosial dan 20% lainnya untuk meningkatkan kualitas layanan dan situs Geev. Silakan buka laman ini: https://www.geevv.com/pages/apa-itu-geevv.

Two thumbs up untuk Geev. Bagus sekali ide dan eksekusi geev ini, semoga bisa bertahan lama dan menjadi pilihan utama di Indonesia. Tetapi, bagaimanapun juga, melek data itu lebih penting, Geev.

Dukung terus Geev!

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s