Kata Kunci Berita ‘Sampah’

Saya relatif menyukai aktivitas menyimak berita, baik melalui media televisi maupun membacanya langsung dari internet. Selain menambah wawasan, kita juga bisa melatih kepekaan akal sehat kita dengan menelaah berita-berita tersebut. Ada berita yang masuk akal dan informatif, tetapi ada juga berita yang dibuat hanya dengan tujuan uang, uang, dan uang, yaitu berita sampah. Berita sampah yang saya maksud di sini adalah berita yang justru menjadi sampah di otak kita. Otak kita terbebani, walaupun sedikit, dan berita itu tidak menambah manfaat informasi kepada kita sama sekali.

Berita sampah yang saya maksud di sini tidak hanya mencakup berita hoax, yang mana dari tahun ke tahun intensitasnya semakin banyak dan tidak terkendali. Di luar berita hoax, ada berita-berita yang menjadi sampah karena beberapa pertimbangan.

Menurut saya, berita-berita yang bukan hoax tetapi akan menjadi sampah bagi otak kita memiliki beberapa karakteristik. Pertama, berita itu menceritakan hal yang sudah umum dan sudah sama-sama diketahui, tetapi dengan judul yang lebih menarik. Kedua, berita itu memelintir makna yang sebenarnya terjadi. Pada kondisi seperti ini, biasanya pembuat berita mencoba memuat penafsiran baru dari yang selama ini umum dipahami oleh khalayak. Bahkan, penafsirannya cenderung mengandung nilai kontroversial. Nah!

Ketiga, biasanya berita-berita sampah ini mengandung beberapa kata kunci yang bisa kita kenali pada judulnya. Apa saja kata kuncinya? Saya mencoba merangkum beberapa kata kunci sampah tersebut.

Ternyata. Contohnya adalah “Ternyata, Ini Motif Pembantaian di Pulomas”. Berita seperti ini bukan hoax, tetapi mengulang isi berita yang sama dengan judul yang berbeda.

Terkuak. Contohnya “Terkuak Rahasia Cepat Kaya dalam 1 Minggu”. Anda percaya dengan judul berita seperti ini? Waspadalah, judul-judul seperti itu biasanya sangat mudah membius orang-orang yang sedang galau. Mengapa demikian? Orang galau biasanya mudah hanyut jika diberi kata-kata yang membuai. Hehe…

Terbongkar. Sama seperti contoh sebelumnya, ‘terkuak’.

Selain tiga kata kunci tersebut, masih ada kata-kata lain yang kira-kira masih senada yang patut dicurigai sebagai berita sampah. Atau barangkali ada kata kunci yang lain?

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s