Bisakah Kita Tanpa Google?

Barangkali khalayak ramai sudah mengetahui bahwa Ditjen Pajak RI sudah menutup pintu negoisasi dengan pihak Google terkait dengan tunggakan pajaknya di Indonesia. Masalahnya, jika kasus ini berujung pada kenekatan Indonesia melepaskan diri (baca: memblokir diri) dari berbagai layanan-layanan Google, mampukah kita?

Satu hal yang pasti, Google sudah memiliki data-data kita, baik pribadi maupun organisasi. Jadi, begitu ada kata putus, Google masih bisa mengakses jejak-jejak digital milik semua orang Indonesia yang pernah menggunakan layanan Google. Anggaplah kita ini orang baik-baik yang tidak pernah umbar aurat melalui Google atau hal-hal lain yang merupakan rahasia kita. Dan pastikan bahwa data-data sensitif, seperti password sudah kita backup dan amankan dari Google.

Mari kita abaikan data-data kita yang ada di Google. Pertanyaannya pun masih sama, mampukah kita tetap eksis berinternet tanpa Google?

China, adalah salah satu contoh negara yang bisa melepaskan diri dari Google. Mungkin kita perlu studi banding ke sana, bagaimana kok mereka bisa melakukan hal seperti itu? Bagaimana mereka bisa memiliki media sosial yang mampu menandingi facebook, mesin pencari yang menggantikan google, dan sebagainya. Bagaimana mereka bisa?

Studi banding ke sana untuk saat ini sepertinya belum memungkinkan. Yang paling memungkinkan adalah mencari alternatif layanan yang disediakan oleh Google. Mari kita coba, ada ndak ya?

Layanan email (Gmail)

Alternatifnya, gunakan layanan email yang lain. Emailnya Yahoo, saya masih punya. Email yang dalam negeri, saya punya yang diberikan oleh kantor, dengan domain @bps.go.id. Yang lain? Silakan baca-baca di sini: http://www.hongkiat.com/blog/gmail-alternatives/

Layanan mesin pencari

Sebagai alternatif, ada beberapa pilihan, seperti bing.com (milik Microsoft) dan DuckDuckGo. Selain itu, ada beberapa rujukan lain yang bisa dicoba, seperti di laman ini: https://teknosight.com/2016/10/02/12-mesin-pencari-alternatif-selain-google/

Yang lagi seru, adalah produk dalam negeri sendiri, yakni geevv.com. Jadi, konsep yang dimunculkan geevv.com adalah mencari sambil berdonasi. Wow banget kan?

Selain itu, mesin pencari dalam negeri yang baik bisa diakses melalui:

  • yufid.com, khusus pencari informasi tentang keilmuan Islam dari situs-situs terpercaya. Tetapi masih menggunakan bantuan Google.com sebagai inti mesin pencarinya.
  • Goo2012, sebuah aplikasi android yang juga menawarkan layanan pencarian berkaitan dengan topik-topik keislaman. Namun, saya kurang tahu apakah aplikasi ini masih menggunakan jasa Google.com atau tidak karena tidak dijelaskan menggunakan server sendiri. Lalu server siapa?

Layanan penyimpanan cloud (GDrive)

Tidak dapat dimungkiri bahwa layanan GDrive ini sangat luar biasa. Setiap pengguna diberi gratis media penyimpanan cloud hingga 15GB. Untungnya, ini bukan layanan yang sering saya gunakan. Saya lebih sering menggunakan jasa dropbox.com karena kemudahan sinkronisasi data. Ya, saya sangat merekomendasikan menggunakan dropbox. Hehe…

Layanan Youtube

Youtube saat ini merupakan salah satu aplikasi website berbagi video. Kepopuleran suatu video bisa diukur dari seberapa banyak orang melihat video tersebut di youtube. Nah, alternatif apa untuk menggantikan youtube?

Ada banyak kok, Ada dailymotion, vimeo.com, metacafe, dan lain-lain. Selengkapnya silakan lihat di sini http://beebom.com/youtube-alternatives/ dan di sini http://www.caktekno.com/8955/14-situs-video-terbaik-alternatif-selain-youtube/

Google Map

Peta google adalah salah satu aplikasi yang sangat populer di internet. Popularitasnya ini tentu saja karena Google Map adalah yang paling unggul hingga saat ini, baik dari sisi kelengkapan data maupun kekayaan fiturnya. Tenang, kita masih bisa mengakses peta dari HERE, Waze.com, Bing Map, hingga Wikimapia. Selebihnya bisa dibaca di artikel ini: https://www.maketecheasier.com/google-map-alternatives/ atau http://www.igismap.com/8-best-alternative-to-google-maps-classic-old-map/.

Mari kita biasakan untuk tidak terbiasa bergantung pada Google. Hehe….

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s