Semangat Hackathon

Anda tahu apa itu hackathon? Secara sederhana, hackathon adalah sebuah acara kolaborasi pengembangan proyek aplikasi atau perangkat lunak. Istilah lain yang digunakan adalah hackfest atau codefest. Dalam acara hackathon, biasanya para pemrogram komputer dan orang-orang lain yang terlibat dalam pengembangan perangkat lunak dan perangkat keras, termasuk desainer grafis, desainer antarmuka, dan manajer proyek berkumpul, biasanya selama akhir pekan, bahkan ada yang berlangsung hingga seminggu, untuk menciptakan suatu perangkat lunak yang bermanfaat. Acara hackathon biasanya memiliki fokus yang spesifik, termasuk spesifik dalam hal bahasa pemrograman apa yang digunakan, menggunakan sistem operasi tertentu, aplikasi dan API tertentu, maupun target demografi pemrogram tertentu. Dalam kasus-kasus lain, hal-hal di atas tidak dibatasi oleh pihak penyelenggara. (sumber: Wikipedia)

Adapun hackathon yang pernah saya ikuti itu berlangsung selama semalam suntuk, alias tidak tidur, kecuali sangat sedikit. Intinya, waktu yang disediakan itu harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menciptakan sebuah aplikasi yang siap pakai, walaupun belum sempurna. Peserta bisa terdiri perorangan maupun tim, yang penting nanti ada output untuk ditampilkan ke tim juri.

Nilai-nilai hackathon yang bisa diambil adalah semangat berkompetisi, belajar bersama, kekuatan fokus, dan menghasilkan suatu produk dalam waktu singkat (baca: mendewakan efisiensi waktu). Oleh karena itu, saya sangat ingin sekali bisa mengadopsi semangat hackathon ini dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, jika kita mendapat tugas untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, maka kita harus batasi target waktu tertentu. Pada rentang waktu yang sudah ditetapkan tersebut, upayakan fokus, fokus, dan fokus agar pekerjaan bisa selesai. Tetapi, tetap tidak boleh mengesampingkan kualitas, karena ada unsur lomba di hackathon tersebut. Ndak boleh asal jadi!

Seru deh ikut hackathon. Bagi teman-teman yang belum pernah ikut, boleh dicoba kalau ada kesempatan, setidaknya untuk menambah pengalaman dan pertemanan. Untuk di kampung saya, di Blora, kapan ya bisa diadakan hackathon? #ngarep.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Catatan, Developer dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s