Membaca Lebih Baik

Saya ingin menekankan bahwa judul postingan ini adalah “Membaca Lebih Baik”. Maksudnya, saya ingin mewacanakan sebuah gagasan tentang bagaimana membaca yang lebih baik, terutama dari sisi pemahaman yang dihasilkan. Jadi, tidak hanya dengan slogan ‘lebih baik membaca’. Karena itu jelas, membaca itu lebih baik dari selain tidak membaca. Semua orang sudah tahu itu sehingga slogan tersebut tidak menjadi poin tulisan saya kali ini.

Bukan maksud menggurui jika saya mengangkat topik ini. Sebaliknya, saya ingin belajar bagaimana membaca yang lebih baik, sehingga saya juga bisa berbagi dengan cara menuliskannya. Pokok tulisan ini merupakan inspirasi dari motivator terkenal, James Clear. Jika Anda belum tahu, ada baiknya googling sebentar. Hehe…

Membaca buku hingga selesai itu mudah, memahaminya yang sukar. Demikian James Clear memulai artikelnya. Dengan judul “3 Cara Meningkatkan Pemahaman Membaca”, beliau ingin berbagi kepada kita semua tentang pengalamannya dalam mengunyah berbagai buku kelas dunia.

Pertama, membuat catatan yang bisa ditelusuri (searchable). Ditelusuri di sini berarti bahwa kita nantinya akan bisa dengan mudah mencari suatu kata kunci pada catatan tersebut. Nah, berarti tidak bisa manual dong. Bisa saja, tetapi setelah itu harus dipindahkan ke media yang sifatnya searchable dalam bentuk soft-file. Beliau sendiri mengaku menggunakan aplikasi evernote. Alasannya, searchable, multi-platform, dan mendukung penggunaan secara online dan offline. Kalau boleh saya tambahkan alasannya, salah satunya adalah karena aplikasi ini gratis, minimal yang versi Basic-nya .

Kedua, mengintegrasikan apa-apa yang kita catat dari yang kita baca. Kadang, ada garis merah yang kita temukan bahkan kesimpulan baru yang kita dapatkan dari butir-butir catatan tersebut. Nah, benang merah seperti ini perlu dicatat pula.

Ketiga, ringkaslah buku tersebut dalam sebuah paragraf. Wow, ekstrim banget ya. Tetapi barangkali ini entry point yang menunjukkan bahwa kita telah memahami dengan lebih baik sebuah buku yang kita baca.

Demikian, semoga bisa menjadi inspirasi untuk Anda juga. Selamat membaca dan selamat berbagi melalui tulisan.

Sumber: http://jamesclear.com/reading-comprehension-strategies

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Bahasa dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s