Menahan Diri Pertanda Kesuksesan

Bersyukur saya dapat mengambil banyak pelajaran dari orang-orang baik yang ikhlas berbagi kebaikan di dunia maya. Salah satu pelajaran tersebut adalah proyek eskperimen marshmallow. Eksperimen ini dilakukan oleh Prof Walter Mischel pada tahun 60-an. Riset ini luar biasa karena dilakukan selama bertahun-tahun sejak pertama kali dimulai.

Eksperimen ini dinamakan marshmallow karena menggunakan alat utama berupa makanan yang sangat digemari anak-anak di tempat eksperimen yaitu marshmallow (bentuknya kenyal). Eksperimen melibatkan anak-anak yang diberi satu buah marshmallow. Satu per satu secara bergiliran, setiap anak dimasukkan di sebuah ruangan minim gangguan dengan hanya ada meja dan kursi. Di atas meja disediakan satu buah marshmallow yang dibolehkan untuk dimakan oleh anak yang masuk ke dalamnya. Bagi anak-anak yang mampu menahan diri tidak makan marshmallow tersebut akan mendapat hadiah berupa tambahan sebuah marshmallow lagi.

Eksperimen berlanjut puluhan tahun kemudian, 30 hingga 40 tahunan. Ternyata, anak-anak yang mampu menahan diri dari memakan marshmallow tersebut cenderung lebih sukses dibanding dengan anak-anak yang memakan marshmallow di ruangan eksperimen.

Kesimpulannya apa? Jika kita bisa menahan diri untuk menunda kesenangan, kemungkinan besar itu pertanda kita akan merengkuh kesuksesan di masa mendatang. Sama halnya dengan ajaran nabawi, bahwa siapa saja bisa menahan diri dari kesenangan duniawi, in sya Allah akan mendapat ganjaran di surga kelak berupa kenikmatan yang tak berbilang jumlahnya, tak terbatas waktunya, dan tak terbayang sebelumnya. Ah, semoga Allah membimbing kita untuk bisa menahan diri..

Sumber inspirasi: http://strategimanajemen.net/2017/02/13/eksperimen-marshmallow-dan-uji-nyali-menebak-nasib-hidup-30-tahun-kemudian

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Catatan, Cerita Inspirasi dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s