Mau Jadi Penulis Buku?

Saat ini, untuk menjadi penulis buku (katanya) sudah tidak susah lagi. Yang tetap susah adalah dari sisi penulisnya, ada atau tidak tulisan yang akan dibukukan. Hehe, saya sendiri hingga saat ini masih saja berangan-angan untuk menerbitkan sebuah buku. Lho, katanya mudah, kok belum menerbitkan buku?

Yang paling mudah, adalah melalui penerbit indie atau layanan penerbitan buku print on demand alias dicetak jika ada yang memesan buku tersebut. Saya katakan mudah karena buku yang kita tulis tidak perlu melalui seleksi ketat layaknya buku yang diterbitkan oleh penerbit buku terkenal (penerbit mayor).

Alternatif lain, tapi menurut saya sulit juga adalah penerbitan mandiri. Artinya, kita yang menulis buku, melayoutnya, menyiapkan desain sampulnya, mencetak bukunya, hingga mempromosikan dan memasarkannya sendiri. Sebagai contoh adalah buku yang ditulis dan dijual oleh tersangka pemfitnahan penguasa, Bambang Tri dari Blora. Bambang ini menulis buku “Jokowi Undercover” yang dia promosikan sendiri di media sosial. Bahkan, dia tak segan-segan menantang presiden demi menjual bukunya tersebut. Wah…

Alternatif itu sepertinya berat. Memang sih untungnya secara finansial lumayan dibanding menggunakan jasa orang lain. Tetapi ada juga lho, perusahaan-perusahaan yang menyediakan jasa penerbitan mandiri tersebut. Penulis menyerahkan tulisan dan membayar sejumlah uang untuk mendapatkan bukunya tercetak dengan status terima beres. Ya, biayanya lumayan tergantung oplah dan ketentuan dari perusahaan tersebut.

Adapun cara yang paling populer adalah dengan mengirimkan naskah buku kita ke penerbit mayor. Tetapi tentu saja syaratnya berat dan royalti yang penulis terima sangat tergantung dengan penerimaan pasar terhadap buku yang diterbitkan. Nah, sekarang saya akan mencatatkan beberapa perusahaan yang bisa kita manfaatkan jasanya untuk menerbitkan buku kita.

Selamat mencoba mengibarkan nama Anda di belantara dunia… Hehe..

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s