8 Tips Sukses Jualan Online

Dalam konteks jualan online, saat ini saya masih saja berstatus ‘wannabe’. Hehe, jangan nyinyir ya. Postingan ini saya buat dengan maksud sebagai bahan belajar kelak, entah kapan, ketika saya atau istri terjun di jualan online. Jualan atau berdagang, sebagaimana nasihat baginda nabi, adalah 9 dari 10 pintu rezeki. Nah, siapa ndak mau dibukakan pintu rezeki?

Langsung saja, tips ini saya dapatkan dari website enterpreneur.com.

1. Ketahui Target Pasar Anda

Mengetahui siapa target pasar kita merupakan kunci untuk sukses di bisnis bidang apapun. Setelah mengetahui target pasar, yang kita lakukan adalah melakukan riset tentang mereka, mulai dari kebiasaan, selera, dan sebagainya. Hasil riset ini nantinya menentukan strategi apa yang akan kita gunakan.

2. Keep It Simple (Sederhanakan)

Ketika kita jualan online, salah satu misi yang tidak boleh terlewat adalah menciptakan kesan baik pengalaman bagi pembeli. Jadi, desainlah website sesederhana mungkin sehingga pembeli tidak merasa rumit. Termasuk mekanisme pembayaran, jangan membuat pembeli berpikir bahwa prosesnya berbelit.

3. Beri Kesempatan Pembeli untuk Memberi Reviu

Salah satu kelebihan yang dilihat calon pembeli adalah adanya ulasan atau reviu dari pembeli-pembeli sebelumnya. Hal ini bahkan tidak jarang menjadi pertimbangan utama calon pembeli dalam mengambil keputusan.

4. Buat Blog tentang produk Anda

Konon, membuat tulisan di blog mengenai produk kita bisa sangat efektif mempengaruhi calon pembeli untuk bertransaksi dengan kita. Ini biasa disebut dengan content marketing alias pemasaran atau pengiklanan melalui content website atau blog. Kalau sudah bicara content marketing, tentu kita juga harus belajar sekaligus menerapkan teknik-teknik SEO aka Search Engine Optimization.

5. Akomodir Orang Penting

Dalam komunitas pasar Anda, sangat mungkin ada orang-orang yang memiliki pengaruh. Bisa jadi karena pengalaman orang-orang ini di bidangnya, atau juga mereka memiliki tulisan-tulisan yang banyak dibaca oleh komunitas. Mereka inilah orang-orang penting yang saya maksud. Secara profesi, biasanya mereka ini adalah jurnalis, blogger, atau figur publik yang memiliki popularitas lebih. Caranya sederhana, misalnya memberi mereka produk contoh dan meminta masukan setelahnya. Atau bisa juga meminta mereka memberi komentar atau penilaian yang positif di blog atau di status media sosialnya. Tetapi, pada kenyataannya, cara seperti ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tentu orang-orang tersebut perlu diberi honor atau bayaran atas upaya mengiklankan produk kita.

6. Lakukan aksi PR

PR adalah singkatan dari public relation yang biasanya ada di perusahaan-perusahaan level korporat. Aksi yang saya maksud di sini adalah seperti hal-hal yang menyenangkan, entah itu kuis-kuis atau lomba. Yang jelas, aksi PR ini bisa meningkatkan kunjungan orang-orang ke website kita atau ke lapak jualan online yang kita miliki.

7. Berikan layanan luar biasa

Layanan luar biasaya yang saya maksud di sini adalah layanan yang tidak biasa diberikan dalam jual beli pada umumnya. Sebagai contoh, pemberian jaminan uang kembali jika pembeli tidak puas.

8. Jaga kontak dengan pembeli

Buatlah daftar pembeli atau calon pembeli potensial yang berisi alamat email mereka. Jika ada informasi atau produk baru, mereka bisa dikirim kabar melalui email. Lebih dari itu, jika misalnya ada informasi tanggal lahir mereka, Anda bisa sesekali mengirimi ucapan selamat ulang tahun.

Itu dulu ya, selamat mencoba!

Sumber: 8 Tips for Dominating Online Sales.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Catatan, Terjemah dan tag , . Tandai permalink.