Resep Merk Jadi Terkenal

Bicara merk, sejatinya di dunia ini banyak sekali merk. Ribuan, jutaan bahkan. Namun, saya yakin hanya beberapa saja yang Anda ingat. Bila disebutkan sepeda motor, barangkali ada lima atau enam yang bisa Anda sebut dengan lancar. Ya, seperti itulah contohnya. Mengapa bisa demikian? Ternyata ada sebab musababnya dan tentu saja ada cara untuk meniru bagaimana agar brand atau merk kita bisa juga terkenal di antara pesaing-pesaing yang lain. Apa saja itu?

Lagi-lagi saya mengambil sumber dari enterpreneur.com. Setidaknya ada 7 faktor mengapa sebuah brand atau merk bisa menonjol dibanding yang lain.

Orisinil

Ya, merk yang orisinil, terutama dalam hal logo, akan selalu membekas di hati. Orisinil berarti tidak tiru-tiru, murni lahir dari jiwa dan tangan kreatif tukang desainnya.

Tulus

Sebuah perusahaan, dalam hal ini adalah representasi brand itu sendiri, harus tulus memberikan pelayanan kepada konsumen. Begitu pula dalam berkomunikasi, sisi-sisi humanis harus disentuh agar mengesankan ketulusan yang dalam.

Memahami

Sebuah merk yang baik atau katakanlah perusahaannya, harus memahami dengan baik situasi audiens-nya atau kalangan masyarakat yang menjadi target pasarnya. Jika targetnya adalah orang tua, barangkali perusahaan ini juga harus peduli masalah-masalah yang dihadapi oleh para orang tua, seperti kenakalan remaja, dan sebangsanya.

Berani

Kadang, sebuah perusahaan harus berani mengambil suatu risiko. Dan, terkadang pula, risiko itu akan mengantarkan pada suatu penghargaan publik. Sebagai contoh, mungkin perlu untuk mengangkat suatu isu tertentu yang publik sendiri tidak berani untuk mengungkit-ungkit hal tersebut.

Visibilitas

Ya, agar bisa mendapat respon dari konsumen, pertama yang harus dipastikan bahwa merk harus mudah dilihat sekaligus dibaca bahwa itu adalah merk tertentu. Oleh karena itu, selain sebaiknya desainnya sederhana, sebuah logo merk kalau bisa juga mudah dikenali dari kejauhan.

Nilai

Nilai yang dimaksud di sini adalah kelebihan sebuah merk dibanding kompetitor-kompetitor lainnya. Dengan kelebihan ini, sebuah merk akan dikenang orang, bahkan ketika merk itu tidak ada di hadapannya. Lebih uniknya lagi, kelebihan itu dijadikan pertimbangan orang-orang dalam memutuskan pilihannya untuk menjadi konsumen merk tersebut.

Sekian catatan singkat kali ini, semoga membawa manfaat.

Sumber: 7 Factors That Make a Brand Stand Out.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Catatan, Terjemah dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s