Gratis Dahulu Bayar Kemudian

Judul postingan kali ini akan membahas tentang kursus online. Ya, beberapa tahun yang lalu kursus online yang gratis dengan dengan konsep MOOC (massive open online course) bertaburan di dunia maya. Saya pun sempat mencicipi serunya belajar ilmu-ilmu akademis dari kampus ternama dunia secara gratis melalui platform tersebut. Tahun berganti tahun, yang dulu gratis sekarang berbayar.

Sebut saja Coursera, EduBCA, Udacity, dan sebagainya. Dahulu, pada awal-awal situs-situs pendidikan tersebut mengibarkan sayapnya, banyak sekali kursus yang disediakan secara gratis. Entah kenapa sekarang menjadi berbayar. Terakhir, tadi pagi, saya mengecek daftar kursus yang mereka sediakan. Maksud hati ingin melihat kursus yang harganya free, tetapi apa daya sudah tidak ada lagi. Wow…. Barangkali, dahulu itu masa-masa promo, masa-masa menggaet pengguna. Selanjutnya, hukum pasar berjalan: tidak ada makan siang gratis.

Namun, saya tetap bersyukur karena kursus-kursus yang dahulu saya sempat mendaftar, masih bisa diakses pelajaran-pelajarannya. Walaupun, kala itu saya hanya sempat mengikuti beberapa kursus saja. Ah, andai saja tahu akan begini aturan mainnya, niscaya dari dulu saya enroll (bukan egroll) banyak-banyak kursus online-nya. Hehe….

Beruntung tidak semua penyedia platform MOOC menutup kursus-kursus gratisnya. Sebut saja salah satunya adalah Edx. Hingga saat ini saya masih aktif terdaftar dan belajar di situs ini. Nah, mumpun masih gratis, diniati belajar dengan sebaik mungkin, saya mendaftar sebanyak-banyaknya di kursus-kursus milik Edx.

edx.png

Ayo, ikut belajar bersama!

Pos ini dipublikasikan di Akademik, Catatan dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

