Metode Menghafal Quran

220px-Opened_Qur'an[1]Beberapa waktu lalu, keluarga kakak saya datang berkunjung ke kampung. Salah satu anaknya yang sekolah di pondok, mengaku sudah hafal 11 juz. Padahal dia baru naik kelas delapan. Dalam hati saya sangat bangga, ada keluarga saya yang dalam usia sebelia itu sudah bisa menghafal Quran sebanyak itu. Demikian pula adiknya yang baru naik kelas empat yang sudah hafal tiga juz. Lebih terpana lagi saya ketika saya mencoba memberi soal hafalan. Saya membaca sebuah ayat, kemudian saya meminta mereka untuk melanjutkannya. Kedua anak kecil itu bisa melanjutkan ayat yang saya bacakan. Masya Allah

Saya tanyakan kepada dia, bagaimana metodenya. Dalam sehari, ia menghafal minimal setengah halaman. Untuk menempelkan hafalannya di kepala, yang dilakukannya adalah membaca setiap ayat setidaknya 40 kali. Langsung terbayang di kepala saya bahwa hari-harinya pasti akan penuh dengan melafazkan ayat-ayat suci al-Quran.

Sepertinya menarik untuk mencoba cara yang dipakai ponakan saya ini. Apakah mungkin ya, misalnya saya membaca dua halaman setiap hari dengan pengulangan setiap ayat 40 kali, kemudian saya bisa hafal dua halaman tersebut?

Hehe, pertanyaan yang tidak perlu di jawab. Justeru, yang paling penting adalah kapan saya memulai untuk kembali menghafal ayat-ayat Allah? Tidak kalah penting pula adalah bagaimana saya bisa menjaga konsistensi aktivitas menghafal tersebut? Manakala saya atau kita sudah bisa menjawab dua pertanyaan tadi dengan aksi nyata, maka bolehlah didiskusikan lebih lanjut metode-metode efektif untuk menghafal Quran.

Sebenarnya ada banyak metode dalam menghafal Quran. Saya mengumpulkan beberapa video tentang menghafal Quran di Youtube. Saya menyusunnya dalam bentuk playlist yang bisa Anda akses di sini:

Pos ini dipublikasikan di Catatan, Cerita Inspirasi dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

