Bagaimana Cara Obral Tulisan

Saya ingin mencoba meracik satu cara agar kita bisa membuat tulisan yang banyak pada sebuah blog dengan tetap menjaga orisinalitas. Sejujurnya saya belum mencobanya 100 persen. Namun, dengan mencoba setengahnya saja saya merasakan penambahan kuantitas menulis yang lumayan signifikan. Semoga dengan menerapkan lebih banyak bisa menghasilkan tulisan yang kuantitasnya tidak hanya banyak, tetapi jua memiliki kualitas yang mumpuni.

Cara saya ini menggunakan asumsi bahwa ide itu banyak sekali berseliweran di antara sela-sela aktivitas kita. Jika Anda tidak bisa memenuhi asumsi ini, barangkali baca postingan saya yang lain mengenai menggali ide. Begini cara saya.

Pertama-tama, ketika ada ide lewat, buatlah judul terlebih dahulu. Tambahkan satu paragraf atau beberapa yang menggambarkan secara global judul itu. Mengapa judul itu muncul dan kira-kira ending apa yang ingin kita sajikan. Save as draft.

Intinya adalah menjaga agar ide tidak menguap begitu saja. Anda bisa menggunakan cara lainnya, misalnya membuat coretan di kertas atau media lainnya. Alternatif lain, Anda bisa mencuitkan ide tersebut di twitter atau menjadikannya sebagai status FB.

Langkah berikutnya adalah melanjutkan draft tersebut hingga rampung. Untuk yang ini, mungkin kita membutuhkan waktu khusus. Tetapi, saya rasa ini tergantung dengan masing-masing orang. Seperti saya misalnya, untuk merampungkan suatu draft yang sifatnya tidak ilmiah, bisa disambil dengan ngemong anak.

Terakhir, jangan lupa membaca sekali lagi rangkaian tulisan kita. Hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada salah pengetikan dan pesan-pesan yang kita titipkan pada setiap paragraf sudah terkemas dengan utuh. Kalau ada yang kurang, perbaiki. Selebihnya, publikasikan tulisan tersebut. Bismillah saja, semoga tulisan Anda menjadi bagian dari tabungan Anda di akhirat kelak.

Selamat mencoba!

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.