Menyimpan Daftar Folder dan File di Windows

Ternyata ada cara yang sangat praktis untuk melihat dan menyimpan daftar folder berikut sub-sub folder-nya dan file-file yang ada pada komputer Windows kita. Awalnya saya mengira bahwa kita memerlukan tool atau aplikasi kecil yang khusus untuk melakukannya. Maklumlah, karena keawaman saya di bidang ini. Eh, ternyata hanya dengan command line, keinginan saya itu sudah bisa terpenuhi.

Tidak menutup kemungkinan, Anda juga akan mengalami hal yang sama. Barangkali kita ingin mendapatkan daftar nama file pada suatu folder yang isinya banyak sekali. Kemudian daftar itu akan kita masukkan ke excel untuk diolah lebih lanjut. Atau mungkin kita ingin membuat daftar file dan folder sebuah komputer yang nantinya akan dibuka di komputer yang lain. Bisa saja.

Kalau kasus saya, pada komputer pertama, terdapat folder master software yang isinya banyak sekali dan ukurannya bergiga-giga. Sementara itu, saya akan pindah posisi berjauhan dari komputer tersebut dengan menggunakan komputer kedua. Dengan demikian, komputer pertama akan sering dalam keadaan mati. Oleh karena itu, saya hanya ingin daftar nama file dan foldernya saja. Jadi, jika sewaktu-waktu saya membutuhkan master software tertentu, terlebih dahulu saya akan mencarinya di daftar tersebut. Jika ada maka saya akan menyalinnya dari komputer pertama.

Baiklah, begini caranya…

Buka command prompt pada Windows, ketikkan perintah berikut:

tree /f > daftarfile.rtf

Proses di atas berlangsung sangat cepat. Selanjutnya, bukalah file ‘daftarfile.rtf’ tersebut dengan aplikasi Ms Word. Pilihlah encode dengan MS-DOS. Fitur encode yang inilah yang mendorong saya untuk memilih Ms Word ketimbang aplikasi teks lainnya.

Lihat gambar…..

Setelah itu, kita dapat menyimpannya dalam bentuk file word (.docx) atau dalam bentuk text. Jika kita memilih menyimpannya dalam bentuk teks, gunakanlah Notepad bawaan Windows. Copy semua teks pada Ms Word (tekan Ctrl+A kemudian Ctrl+C) kemudian tempel (paste atau Ctrl+V) pada Aplikasi Notepad. Pada saat menyimpan dengan notepad, perhatikan pada bagian bawah, yakni ‘Encode’. Pilihlah Unicode karena ada karakter khusus yang hanya bisa diencode dengan Unicode.

Namun, jika kita masih memerlukan atribut-atribut lain maka kita bisa menggunakan tools yang sudah tersedia gratis dan bertebaran di Internet. Anda bisa mencoba dengan Karen’s Power Tools, Directory List Print (ada yang gratis dan bayar), atau juga JR Directory Printer.

Demikian, semoga bermanfaat!

Pos ini dipublikasikan di Developer dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.