Mengapa Membuat Program Itu Lama

Membuat program pada zaman dahulu, bisa jadi memakan waktu yang sangat lama. Terlebih ketika program tersebut dibuat oleh hanya satu orang saja. Tetapi sekarang tidak akan selama itu lagi. Pasalnya sudah banyak orang pintar yang membuat framework pemrograman. Framework tersebut sudah terbukti mempermudah dan mempercepat proses pembuatan program.

Namun, ternyata tetap saja membuat program memakan waktu lama. Ya, meskipun framework sudah digunakan. Sebagai contoh, kita lihat pada salah satu detail dari sekian banyak tahapan pembuatan program, yaitu pengembangan fitur impor data excel.

Katakan saja data excel tadi harus memiliki format kolom-kolom tertentu. Nah, di sini kita akan melihat betapa melelahkannya merampungkan fitur tersebut.

Setidaknya harus dilakukan pengetesan until impor data tersebut. Jumlah perulangan until uji tersebut minimal adalah sebanyak kemungkinan salah pada file excelnya. Misalnya bagaimana bila ternyata kolom ketiga isinya kosong. Atau bagaimana bila kolom kedua isinya ternyata huruf padahal yang diharapkan berupa angka. Atau bagaimana jika ternyata filenya corrupt. Dan sebagainya…

Pasti lama sekali ya….

Pos ini dipublikasikan di Catatan, Developer. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.