Tes TOEFL, Perlukah Kursus?

Test of English as a Foreign Language atau disingkat TOEFL adalah salah satu ujian bahasa Inggris yang diselenggarakan lembaga tersertifikasi untuk melihat sejauh mana kemampuan berbahasa Inggris seseorang yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Wah, panjang sekali definisinya ya.. Itu bukan definisi, tapi pendapat pribadi.

Pada tulisan kali ini, saya tidak akan membahas secara detail apa itu TOEFL, karena di internet sudah banyak yang menceritakannya. Saya akan membahas dari sisi perlukah kita mengikuti kursus tertentu untuk menghadapi tes tersebut.

Beberapa waktu lalu, kakak saya meminta saran, apakah perlu kursus untuk bisa mendapatkan skor di atas 500 pada suatu ujian TOEFL? Beliau sendiri baru berencana untuk mengambil kursus yang biayanya lumayan besar, setidaknya menurut ukuran saya. Biayanya 2,5 juta! Tapi, siapa bisa menjamin lulus TOEFL?

Maka saya menyarankan, belajar mandiri saja. Saat ini, kita dapat memanfaatkan akses internet untuk mendapatkan contoh-contoh soal yang sangat berlimpah. Kuncinya adalah rajin dan disiplin dalam belajar dan berlatih soal. Berlatih listening, reading comprehension, grammar, dan writing saat ini sungguh mudah. Bahkan, dengan kehadiran aplikasi-aplikasi persiapan TOEFL di playstore android, belajar bahasa inggris menjadi kian mudah.

Tahun 2012 yang lalu, ketika saya mencoba mengikuti ujian TOEFL, saya hanya belajar dari buku dan internet. Alhamdulillah, ketika itu nilainya mencapai angka 540. Padahal, kalau boleh jujur, saat itu saya merasa bahwa bagian listening saya hancur. Kuping saya masih sangat tidak terbiasa mendengar bahasa Inggris.

Demikian, semoga menginspirasi Anda yang hendak menjalani ujian TOEFL. Tetaplah berdoa sembari berusaha!

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.