Adab Belajar

Seorang guru kami, di tanah priangan sana, pernah bertutur dengan nasihat yang amat membekas. Sederhana, tetapi rasa dan maknanya begitu dalam. “Merendahlah kepada siapapun engkau hendak mengambil ilmu. Ibarat air, ilmu akan mengalir ke tempat yang lebih rendah.” Mungkin, itu merupakan salah satu nilai adab yang pernah dipesankan Imam Malik kepada murid-muridnya, “Pelajarilah adab sebelum ilmu.”

Demikian pula dalam dunia kerja, nasihat tentang adab tak mengenal kata usang. Terlebih pada konteks ketika kita mengikuti kegiatan penambahan ilmu, pelatihan misalnya. Setidaknya, ada beberapa adab yang harus kita perhatikan ketika mengikuti pelatihan.

Pertama, tepatilah ketentuan pembelajaran. Yang paling penting di antaranya adalah mematuhi waktu belajar. Bukan hanya masalah disiplin, tetapi ini lebih kepada kesungguhan kita dalam hal niat dan tanggung jawab. Jadi, siaplah sekitar lima menit sebelum kelas dimulai.

Kedua, perhatikanlah kepatutan diri. Sudah selayaknya ketika kita bersama-sama berguru, kita harus memperhatikan penampilan. Kita harus mengerti bagaimana berpakaian yang pantas, bagaimana bertutur yang santun, serta bagaimana bertingkah selama pelatihan. Apa yang tampak pada diri kita akan menjadi cermin institusi atau organisasi yang kita bawa namanya. Jadi, berbusanalah yang rapi dan berperilakulah yang sopan.

Ketiga, berempatilah kepada pengajar. Empati adalah merasakan seperti apa yang orang lain rasakan. Seorang pengajar, sejak dulu hingga kini, sangat berharap agar para peserta memperhatikannya. Oleh karenanya, kita harus memberikan perhatian penuh terhadap pelajaran.

Ketika pengajar menyampaikan materi, jangan berbicara dengan teman di samping. Sebaliknya, simaklah dalam diam dan perhatian. Jangan pula kita mencoba bermain-main HP. Pastikan mode suara HP kita adalah senyap tanpa suara. Perhatikan, simak, dan kuasai materi yang diberikan. Fokus, fokus, dan fokus. Tanyakan dengan sopan jika ada hal yang kurang dimengerti.

Percayalah, meski seperti tampak sepele, adab yang kita miliki akan membuat hal-hal besar didatangkan Tuhan kepada kita. Selamat belajar dan semoga bermanfaat!

Lenteng Agung, 28 Rajab 1439H

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Catatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.