Hukuman yang Mengubah Garis Tangan

Jika menghukum diri sendiri, jangan setengah-setengah. Tetapi, pilihlah hukuman yang mendidik. Menulis, mengirim tulisan ke pihak lain, dan sebagainya. Hal inilah yang melatari saya mengambil judul postingan ‘hukuman yang mengubah garis tangan.’ Saya percaya bahwa dengan memberi hukuman yang mendidik, kita suatu saat akan menjadi orang yang berbeda dari yang pernah kita bayangkan sebelumnya.

Katakan misalnya, hukuman itu adalah menulis di media massa. Jika tidak bisa, kita melakukan sedekah kepada orang miskin di sekitar kita dengan nominal yang mungkin membuat sesak karena besarnya tidak seperti biasanya.

Atau misalnya lagi, hukumannya itu berupa menulis ringkasan buku yang kita baca. Lalu tulisan itu dipublikasikan di blog atau juga dikirimkan ke website-website yang menampilkan tulisan netizen, seperti kompasiana atau yang lain.

 

Setiap sesuatu itu awalnya dipaksa. Pemaksaan itu bisa kita lakukan terhadap diri sendiri, utamanya jika kita sudah melakukan kesalahan-kesalahan bodoh yang harusnya tidak perlu terjadi. Kesalahan itu harus dibayar dengan cara hukuman yang mendidik, yang melatih cara berpikir dan bekerja kita sehingga lambat laun terbentuk keahlian atau keterampilan dalam bidang tertentu.

Cara menghukum seperti itulah yang kemungkinan besar dapat mengubah garis tangan kita. Siapa tahu, dengan jalan itu kita terpacu untuk menulis di media massa. Kemudian orang mengenal kita sebagai seorang penulis. Ketika itu benar-benar terjadi, sangat mungkin kita dikenal sebagai seorang pakar di bidang yang kita tulis. Jangan heran jika kemudian banyak yang menghubungi kita untuk menjadi narasumber dalam suatu diskusi atau seminar. Siapa tahu…

Jadi, buatlah hukuman untuk diri Anda sendiri yang akan mengubah garis tangan nasib Anda di masa mendatang.

Pos ini dipublikasikan di Catatan, Cerita Inspirasi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.