Pusdiklat BPS ke STIA LAN Siang Ini

Ini adalah satu hari yang berkesan bagi saya. Ada acara penutupan diklatpim sekaligus pengumuman kelulusan. Ada rasa bahagia begitu dinyatakan lulus. Syukur sebanyak-banyaknya kepada Allah karena saya diluluskan-Nya. Terima kasih pada semua pihak yang telah membantu kami selama proses diklat ini.

Selepas penutupan, beberapa di antara kami pergi ke Balai Bahasa Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lembaga Administrasi Negara (LAN). Keperluannya adalah mengikuti ujian ulang bahasa Inggris karena nilai minimalnya belum tercapai saat ujian bersama sekitar dua bulan yang lalu.

Kami bertujuh. Sebenarnya hanya lima orang yang akan ujian, tetapi dua di antara kami menemani agar perjalanan lancar sampai di sana. Walau, jujur saya belum pernah ke STIA LAN. Kalau kantor LAN yang di Jalan Veteran justru pernah saya ke sana sekali, awal tahun 2016.

Kami memutuskan naik KRL. Berangkat dari Stasiun Lenteng Agung (LA), kami bertolak menuju Stasiun Karet. KRL yang kami naiki adalah jurusan Angké yang jalurnya akan melalui Stasiun Karet.

Oiya, di Stasiun LA kami menyempatkan diri untuk sholat Dzuhur. Alhamdulillah, dalam perjalanan ini kami dipandu salah satu teman kami yang merupakan seorang ustadz di lingkungan tempat tinggalnya. Walau, karena masbuk dan pikiran yang entah kemana, ada salah satu jamaah yang kata jamaah lainnya yang sama-sama masbuk, Dzuhurnya 3 rakaat. Tidak perlu saya tegaskan, jamaah itu rombongan kami atau bukan. Lucu saja orangnya, hehe…

Sekitar 30 menit kami sampai di Stasiun Karet. Sekitar pukul 1 siang, di sana, kami mulai memesan grabcar 6-seater (kursi 6 penumpang standar). Ditunggu-tunggu sampai jam setengah dua, ternyata posisi driver masih jauh. Jadi, kami batalkan.

Kami mencoba lagi pesan grabcar melalui gawai teman yang lain, ternyata posisi driver pada pemesanan kedua ini juga sebelas dua belas dengan pemesanan sebelumnya. Jadinya kami batalkan lagi. Sebagai info, tarifnya waktu itu sama antara pemesanan pertama dan kedua, yakni sebesar 18 ribu rupiah.

Rombongan mulai gusar. Kami segera mengambil keputusan, pakai grab-book. Ini adalah fitur untuk pesan grab bike dengan cara memasukkan kode yang didapat dari driver di sekitar kita.

Ternyata, satu aplikasi grab hanya bisa melakukan pemesanan sekali. Pemesanan berikutnya baru bisa dilakukan jika pemesanan sebelumnya dianggap sudah selesai atau sampai di tempat tujuan.

Akhirnya ada seorang driver gojek (bukan grabbike, ya) yang menawarkan bantuan dengan cara menggunakan aplikasinya, kurang lebih aplikasi klien. Jadi aplikasi ini tidak bisa dipakai oleh sembarang driver. Saya tanya ke driver gojek lainnya, mereka hanya punya aplikasi driver gojek, tidak termasuk aplikasi klien gojek ini.

Sistemnya begini: aplikasi klien ini melakukan booking dengan cara seperti kalau kita sebagai penumpang melakukan booking biasa, diawali dengan menentukan posisi jemputan, posisi tujuan, serta proses booking. Nah, proses booking ini akan secara otomatis mencari driver terdekat secara lokasi. Driver yang dapat sinyal informasi adanya klien tersebut dapat segera merespon dengan mengklaim sebagai driver dari calon klien.

Selepas proses itu, aplikasi klien juga dapat langsung lagi melakukan booking. Begitu seterusnya, hingga kami satu per satu diantarkan abang gojek ke tempat tujuan: STIA LAN, Jalan Administrasi II.

Rata-rata perjalanan memakan waktu 5 menit dari Stasiun Karet. Ada satu di antara kami yang sampainya jauh lebih dari 5 menit karena driver gojeknya ternyata tidak tahu di mana Kampus STIA LAN, walaupun sebenarnya lokasinya dari stasiun tidaklah jauh. Oiya, tarif abang gojek sama semua, 8ribu cash!

Sekian dulu catatan ini. Catatan ini saya buat di dalam ruang ujian bahasa ECSCS di Gedung Balai Bahasa STIA LAN sembari menemani beberapa rekan yang sedang berjuang melalui ujian bahasa Inggris. Semangat kawan!!!

Pos ini dipublikasikan di Catatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.