17 Agustus 2018

Hari ini tepat ulang tahun kemerdekaan RI yang ke-73. Saya berada di Blora, kampung kelahiran saya. Tanah tumpah darah Indonesia.

Pagi ini saya ikut upacara detik-detik Proklamasi di alun-alun Blora sebagai ASN berseragam Korpri. Upacara dimulai sekitar pukul 9.30. Walaupun sebenarnya barisan sudah ditata pada belasan menit sebelumnya. Padahal, di undangan tertulis pukul 8.30 harus sudah siap. Untung kami (saya dan teman-teman Korpri) sudah pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya. Datang terlalu awal berarti menunggu dan bersabar lebih lama.

Upacara berlangsung khidmat. Walau saya dan beberapa teman mendapat tempat yang langsung terpapar matahari, alhamdulillah kami tidak ada yang pingsan.

Justru, dari barisan lain satu, dua, tiga orang mulai bertumbangan pada upacara yang selesai sekitar pukul 10.20 pagi tadi.

Di akhir upacara, sebelum turun dari podium, pak Bupati selaku inspektur upacara menyampaikan rasa terima kasih karena upacara telah berlangsung dengan khidmat.

Satu penggal acara yang menarik saya pagi ini adalah rasa haru ketika upacara penaikan bendera. Iringan instrumental Indonesia Raya dan khidmatnya suasana ketika bendera Indonesia dinaikkan, perlahan membuat hati ini berdesir. Mengingat perjuangan para pendahulu bangsa ini dengan peluh, darah, dan air mata mereka demi tegaknya ibu pertiwi dan terbebasnya dari belenggu penjajah.

Rasanya jadi malu diri ini menyadari bahwa perjuangan untuk menjadi pribadi bermanfaat bagi orang sekitar pun belum terwujud. Jadi malu, hanya gara-gara lelah mendera, lalu gesekan sedikit dengan orang lain tiba-tiba merusak suasana hati. Akibatnya, diri merasa tidak optimal melakukan sesuatu. Ah, malunya.

Sore hari, saya ikut juga upacara penurunan bendera. Di undangan tertulis 16.30. Namun, kenyataannya dimulai lebih dari itu.

Berikut beberapa jepretan saya ketika momen 17 Agustus 2018.

Pos ini dipublikasikan di Catatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.