Inspirasi Internal

Hikmah adalah milik semua orang yang mau mengambilnya. Hikmah bisa kita dapati di mana saja, sepanjang perjalanan usia kita. Tidak hanya dari apa yang kita alami, di sekitar kita saja, tetapi bisa lebih dari itu. Apa yang teman kita alami, orang lain yang mengalaminya, bahkan orang-orang yang sudah menjadi catatan sejarah, di  sana banyak tercecer hikmah yang dapat kita pakai untuk memperkaya nilai kehidupan.

Setiap pengalaman yang kita lalui semasa hidup ini, sejatinya mengandung hikmah. Hanya, kita kurang greget dalam memungutnya. Ibarat emas yang terbungkus lumpur, jika kita hanya melihat sepintas lalu, tentu kita tidak akan menyadari bahwa ada emas di baliknya.

Di antara pengalaman yang kita alami tersebut, ada kepingan-kepingan cerita yang mungkin membuat kita berbesar hati, bersuka cita, bahkan tersemai rasa bahagia. Kemungkinan besar, di situlah tersimpan bongkahan emas hikmah yang sejauh ini belum kita sadari. Kalaupun sudah, ya alhamdulillah.

Cerita-cerita indah tersebut, sudah selayaknya menjadi inspirasi kita, terutama ketika kita merasa berada pada titik bawah roda kehidupan ini. Saatnya bangkit. Jika butuh pengungkit, galilah inspirasi dari kisah kita yang heroik.

Caranya sederhana. Mungkin juga sudah terpikir di benak Anda. Atau bahkan, sudah pernah Anda lakukan sebelumnya. Tulislah lima saja cerita dalam penggalan hidup Anda yang menurut Anda itu sangat pantas untuk diceritakan kepada generasi penerus, entah itu anak atau cucu Anda. Jika saat ini Anda bisa menulis, di kemudian hari, insyaallah Anda bisa menceritakan dengan gaya bahasa yang lebih elegan kepada mereka. Seperti kisah-kisah dongeng dan kepahlawanan yang biasa mengantar lelap tidur mereka semasa kecil.

Selanjutlah, uliklah lebih dalam kisah itu. Bukan untuk mengungkit masa lalu, tetapi untuk menghidupkan semangat Anda. Kemudian, dari cerita itu, Anda bisa mereka-reka kira-kira kisah serupa apa yang bisa Anda buat di saat ini dan masa mendatang. Serupa tapi tak sama, karena zaman juga telah berubah. Perubahan itu salah satunya karena kehadiran internet yang semakin merasuk di segala lini kehidupan kita.

Itulah sedikit contoh bagaimana kita bisa menggali inspirasi, tidak hanya dari buku-buku biografi orang terkenal, tetapi juga dari diri kita sendiri. Inspirasi internal, namanya.

Oiya, kisah apa dari hidup Anda sejauh ini yang kira-kira layak dimasukkan dalam buku biografi Anda? Hehe….

Pos ini dipublikasikan di Catatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.