Jenis-Jenis Kanker

Ada banyak sekali jenis penyakit kanker karena jenis-jenis ini tergantung pada sel tubuh bagian mana yang diserang. Padahal, kita juga mengetahui ada berapa macam sel di tubuh manusia. Bayangkan saja, ada 300 miliar sel yang mati dalam hitungan menit. Ada 210 jenis sel di dalam tubuh dan semuanya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dari setiap bagian tubuh, pasti ada sel yang mati dan kemudian digantikan dengan sel yang baru [1].

Yayasan Kanker Indonesia menyebutkan ada lebih dari 100 berbagai jenis kanker. Sebagian besar kanker diberi nama untuk organ atau jenis sel tempat mereka mulai – misalnya, kanker yang dimulai di usus besar disebut kanker usus besar; kanker yang berawal di sel-sel basal kulit disebut karsinoma sel basal.

Jenis kanker dapat dikelompokkan ke dalam kategori yang lebih luas. Kategori utama kanker termasuk:

  1. Carcinoma – kanker yang dimulai di kulit atau pada jaringan yang mencakup garis atau organ internal.
  2. Sarcoma – kanker yang dimulai di tulang, tulang rawan, lemak, otot, pembuluh darah, atau lainnya atau mendukung jaringan penghubung.
  3. Leukemia – kanker yang dimulai di jaringan pembentuk darah seperti sumsum tulang dan menyebabkan sejumlah besar sel darah abnormal diproduksi dan masukkan darah.
  4. Lymphoma and myeloma – kanker yang dimulai di sel-sel sistem kekebalan tubuh.
    Central nervous system cancers – kanker yang dimulai di jaringan otak dan sumsum tulang belakang.

Selanjutnya, Yayasan Kanker Indonesia menyebutkan lebih rinci ke dalam 12 kelompok jenis kanker sebagai berikut:

  1. KANKER DARAH ATAU LEUKEMIA. Kanker darah atau leukemia merupakan penyakit kanker yang menyerang sel-sel yang membentuk sel darah dalam sumsum tulang. Dalam kondisi normal, sel-sel darah putih akan berkembang secara teratur di saat tubuh membutuhkannya untuk memberantas infeksi yang muncul.
  2. KANKER HATI . Kanker hati adalah tipe kanker paling umum kelima di antara laki-laki dan ketujuh di antara wanita. Sekitar 85% kasus kanker hati di dunia terjadi di negara-negara yang masih berkembang.
  3. KANKER PAYUDARA. Kanker Payudara adalah kanker yang menyerang organ payudara. Payudara terbentuk dari lemak, jaringan ikat, dan ribuan lobulus (kelenjar kecil penghasil air susu). Saat seorang wanita melahirkan, Air Susu Ibu (ASI) akan dikirim ke puting melalui saluran kecil saat menyusui.
  4. KANKER KULIT MELANOMA. Kanker kulit melanoma merupakan jenis kanker yang dimulai dari kulit manusia dan bisa menyebar ke organ lain dalam tubuh. Kemunculan tahi lalat baru atau perubahan pada tahi lalat yang sudah ada biasanya menjadi pertanda umum atau gejala melanoma. Hal ini bisa terjadi di seluruh tubuh, tapi beberapa bagian tubuh yang sering terkena kemunculannya adalah, wajah, tangan, punggung dan kaki.
  5. KANKER LAMBUNG. Kanker lambung merupakan jenis kanker yang menggerogoti lambung, yaitu organ di dalam rongga perut manusia yang menjadi salah satu bagian dari sistem pencernaan. Penyakit ini dapat diidap oleh orang-orang pada segala usia, meski sebagian besar penderitanya berusia 55 tahun ke atas.
  6. KANKER LIDAH. Kanker lidah merupakan jenis kanker yang tumbuh pada sel-sel lidah. Kanker lidah paling sering tumbuh dan berkembang pada sel-sel skuamosa yang ada di permukaan lidah. Jenis kanker lidah ini dikenal dengan istilah karsinoma sel skuamosa.
  7. KANKER MULUT. Kanker mulut merupakan jenis kanker yang tumbuh dan berkembang di dalam mulut. Misalnya pada lidah, gusi, bibir, dinding mulut, serta langit-langit mulut. Kanker ini dapat menyebar secara langsung ke jaringan-jaringan di sekitar mulut atau melalui kelenjar getah bening.
  8. KANKER MATA. Kanker mata merupakan jenis kanker yang jarang terjadi dan bisa menyerang bagian luar mata (misalnya, kelopak mata) atau bagian dalam mata (kanker intraokular). Selain itu, kanker ini juga bisa terjadi akibat penyebaran dari kanker pada organ lain.
  9. KANKER OTAK. Tumor otak adalah hasil dari pertumbuhan sel-sel di otak secara tidak wajar dan tidak terkendali. Tidak semua tumor otak bersifat ganas sehingga bisa dikategorikan sebagai kanker. Kanker otak ganas adalah tumor yang cepat menyebar ke bagian lain otak dan tulang belakang.
  10. KANKER TIROID. Tumor otak adalah hasil dari pertumbuhan sel-sel di otak secara tidak wajar dan tidak terkendali. Tidak semua tumor otak bersifat ganas sehingga bisa dikategorikan sebagai kanker. Kanker otak ganas adalah tumor yang cepat menyebar ke bagian lain otak dan tulang belakang.
  11. KANKER SERVIKS. Kanker Serviks merupakan kanker leher rahim. Kanker ini menempati urutan ke 2 dari 10 kanker terbanyak pada wanita. Salah satu penyebab utama kanker serviks adalah infeksi Human Papilloma Virus (HPV).
  12. KANKER PARU. Kanker Paru adalah tumor ganas yang menyerang organ paru. Rokok risiko utama Kanker Paru. Lebih dari 80% penderita kanker paru adalah perokok aktif atau perokok pasif.

Pada website Alodokter, ada juga bermacam-macam kanker yang sudah ada artikel-artikelnya, yaitu:

  1. Kanker Anus
  2. Kanker Darah
  3. Kanker Endometrium
  4. Kanker Esofagus
  5. Kanker Ginjal
  6. Kanker Hati
  7. Kanker Kandung Kemih
  8. Kanker Kelenjar Air Liur
  9. Kanker Kolorektal
  10. Kanker Kulit
  11. Kanker Kulit Melanoma
  12. Kanker Lambung
  13. Kanker Laring
  14. Kanker Lidah
  15. Kanker Mata
  16. Kanker Mata Melanoma
  17. Kanker Mulut
  18. Kanker Nasofaring
  19. Kanker Otak
  20. Kanker Ovarium
  21. Kanker Pankreas
  22. Kanker Paru-paru
  23. Kanker Payudara
  24. Kanker Prostat
  25. Kanker Rahim
  26. Kanker Serviks
  27. Kanker Tenggorokan
  28. Kanker Testis
  29. Kanker Tiroid
  30. Kanker Tulang
  31. Kanker Usus Besar
  32. Kanker Vagina
  33. Kanker Vulva

Menurut laman klikdokter, ada juga bergabai macam kanker. Secara spesifik, kanker memiliki tipe berdasarkan organ yang diserangnya. Gejala yang terjadi memiliki ciri khas masing-masing, tetapi tidak menutup kemungkinan dapat juga muncul kombinasi gejala.

  • Kanker Otak
    Sakit kepala, badan terasa lemah, kebas pada lengan dan kaki, perubahan pada ingatan, kesulitan berjalan, perubahan tidak normal pada penglihatan secara signifikan, kesulitan bicara.
  • Kanker Mulut
    Terdapat sariawan pada mulut, lidah, dan gusi yang tidak kunjung sembuh
  • Kanker Nasofaring
    Perdarahan melalui hidung yang ringan hingga berat, atau sumbatan pada hidung, telinga nyeri, telinga berdenging, rasa tidak nyaman, keluhan pada mata berupa pandangan ganda, pembesaran, atau benjolan di leher.
  • Kanker Leher Rahim
    Gejala paling umum dari kanker leher rahim adalah perdarahan abnormal dari vagina, atau terdapatnya flek kekuningan yang encer diikuti dengan bau amis pada vagina. Perdarahan abnormal ini terutama terjadi setelah berhubungan seksual, tetapi dapat juga muncul perdarahan di antara dua siklus menstruasi atau setelah menopause. Apabila kanker sudah menyebar ke panggul, maka nyeri punggung dapat terjadi diikuti dengan hambatan dalam berkemih serta pembesaran ginjal.
  • Kanker Ovarium
    Pada umumnya tidak didapatkan gejala dini pada kanker ini, seandainya ada biasanya samar-samar. Gejala tersebut di antaranya nyeri pada panggul, kembung, mudah lelah, penurunan berat badan, konstipasi, dan perdarahan menstruasi yang tidak teratur. Pada pemeriksaan fisik, jika didapatkan adanya suatu massa atau benjolan pada panggul merupakan tanda yang perlu dicurigai.
  • Kanker Payudara
    Adanya benjolan, penebalan kulit, perubahan bentuk payudara, gatal-gatal, kemerahan, rasa sakit yang tidak berhubungan dengan menyusui atau menstruasi.
  • Kanker Saluran Pencernaan
    Adanya darah dalam kotoran yang ditandai dengan warna merah terang atau hitam, rasa tidak enak terus-menerus pada perut, benjolan pada perut, rasa sakit setelah makan, penurunan berat badan.
  • Kanker Serviks
    Pendarahan di periode-periode datang bulan, pengeluaran darah saat menstruasi yang tidak seperti biasanya, dan rasa sakit yang luar biasa.
  • Kanker Kolon
    Pendarahan pada usus, ada darah pada kotoran, perubahan buang air besar (diare yang terus-menerus atau sulit buang air besar).
  • Kanker Kandung Kemih atau Ginjal
    Ada darah pada air urine, rasa sakit atau perih pada saat buang air kecil, keseringan atau kesulitan buang air kecil, sakit pada kandung kemih.
  • Kanker Prostat
    Kencing tidak lancar, rasa sakit yang terus-menerus pada pinggang belakang, penis dan paha atas.
  • Kanker Darah (Leukimia)
    Pucat, kelelahan kronis, penurunan berat badan, sering kena infeksi, mudah terluka, rasa sakit pada tulang dan persendian, dan mimisan.
  • Kanker Kulit
    Munculnya benjolan pada kulit yang menyerupai kutil (mengeras seperti tanduk), infeksi yang tidak kunjung sembuh, bintik-bintik berubah warna dan ukuran, rasa sakit pada daerah tertentu, perubahan warna kulit berupa bercak-bercak.

Sumber referensi:

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Jenis-Jenis Kanker

  1. Ping balik: Menyoal Kanker | Di sini Cisini, di situ Cisitu

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.