Blender Layar Putih Saja

Plis, jangan bingung membaca judul postingan ini. Blender yang saya maksud bukan blender yang dipakai untuk membuat jus, yang mencincang buah-buahan menjadi minuman jus yang lezat. Bukan. Tetapi Blender yang merupakan software 3D gratis saingan utama aplikasi-aplikasi 3D besar lain yang berbayar.

Jadi, ceritanya saya menginstal blender di laptop. Tetapi, yang muncul hanya layar putih.

blender putih.jpg

Nah, seperti gambar di atas. Setelah itu, tidak bisa diapa-apakan lagi. Pikir saya, lalu bagaimana blender ini digunakan?

Saya cari referensi melalui mesin pencari di internet, tidak juga ada solusinya. Ah, sebelum memutuskan untuk menguninstal aplikasi ini dari laptop, mungkin bisa saya coba utak-atik sendiri. Kecurigaan saya adalah masalah kompatibilitas grafis laptop dengan si blender. Soalnya dulu saya juga pernah mengalami, kala itu bug-nya ada di driver kartu grafis yang saya pakai.

Lalu, saya mencoba langkah berikut:

Klik kanan pada layar desktop, kemudian pilih ‘nView Desktop Manager‘.

klik kanan

Kemudian muncul jendela (window) nView Desktop Manager seperti gambar berikut:

nview_desktop_manager.jpg

Selanjutnya di bagian panel kanan ada tombol NVIDIA Control Panel. Klik tombol tersebut hingga muncul jendela control panel untuk kartu grafis kita.

step nvidia.jpg

Urutan langkah-langkahnya sudah saya sertakan di gambar di atas. Intinya, terkait dengan pengaturan 3D, kita menggunakan kartu grafis terintegrasi yang dimiliki oleh sistem (poin ke-4). Pasalnya jika kita menggunakan NVIDIA, ada masalah dengan aplikasi blender yang akan dijalankan.

Ketika saya sudah menekan tombol ‘APPLY’, hasilnya bisa dinikmati. Blender versi 2.79 sudah bisa jalan dengan normal, sangat baik bahkan.

berhasil blender.jpg

Alhamdulillaah… Akhirnya berhasil..

Bagi pembaca yang mengalami hal serupa, semoga berhasil ya…

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag . Tandai permalink.

2 Balasan ke Blender Layar Putih Saja

  1. Naa berkata:

    Permisi kak.. mau bertanya..
    Jika tidak ada nView Dekstop Manager bagaimana ya kak?

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.