Iptek atau Ipteks?

Kemarin, pas acara wisuda (11 April), pak rektor memberikan sambutan. Namun, ada yang aneh di sambutan tersebut. Beliau melafazkan iptek dengan ipteks. Jadi, pelafalan mana yang benar?

Iptek merupakan singkatan dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Seharusnya, pelafalan yang benar adalah iptek, bukan ipteks.

Selanjutnya, pada acara wisuda tersebut juga ada pelafalan yang agak aneh. Cumlaude dibacakan oleh salah seorang anggota senat dengan pengucapan ‘kumloude’ (ada ‘e’-nya). Padahal, sepengetahuan saya pelafalan yang benar adalah ‘kumloud’. Selanjutnya saya cermati, pembawa acara mengucapkan istilah itu dengan ‘kumloud.’ Beda kan? Saya lebih pro pada yang terakhir.

Begitulah, pelafalan bahasa Indonesia ternyata tidak mencerminkan seberapa tinggi kapasitas keilmuan seseorang. Oleh karena itu, tidak selayaknya orang yang mengerti bahasa untuk memandang rendah orang lain yang salah dalam berbahasa. Toh, bahasa hanya merupakan salah satu dimensi kecerdasan seseorang sesuai teori multiple intelligence.

Pos ini dipublikasikan di Catatan dan tag , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Iptek atau Ipteks?

  1. Frisno berkata:

    Ilmmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS)

  2. mahkota_merah berkata:

    Izin menanggapi Min.. baru aja saya baca salah satu buku pedoman dikti keluaran, iptek dan ipteks keduanya memiliki kepanjangan yang berbeda Min.. iptek betul ilmu pengetahuan dan teknologi sedang ipteks ada tambahan s itu seni. Mohon koreksinya jika ada salah. Terima kasih

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.